1-jesse-lingard-united

Kesukaan Louis van Gaal untuk memainkan pemain muda dan berbakat tercatat dengan baik, tetapi menemukan pemain tepat di Manchester United tidaklah mudah. Sebelum kemenangan 2-0 atas West Brom, satu-satunya lulusan akademi yang bisa tampil sebagai starter di Liga Primer adalah Adnan Januzaj – dan dia langsung dipinjamkan ke Borussia Dortmund dalam sekejap.

Akibatnya, catatan membanggakan United yang bisa memainkan pemain muda ke skuad inti sejak tahun 1937 nampaknya terancam. Memang, kehadiran Paddy McNair dan Sam Johnstone di bangku cadangan di awal musim ini sedikit melegakkan. Tetapi dampak Jesse Lingard dalam beberpa pekan terakhir telah mengubah situasi di Old Trafford, dan dia sekarang bahkan mendapatkan panggilan di kancah internasional.

Setelah penampilan meyakinkan dalam kemenangan tengah pekan atas CSKA Moscow, Lingard memberikan momen penting dalam kemenangan atas West Brom. Mengontrol bola muntahan, dia kemudian melesatkan tembakan terarah ke pojok gawang Boaz Myhill dan mengakhiri penantian 260 menit United untuk gol di Liga Primer.

Menarik bahwa Van Gaal sempat memuji dirinya, tapi juga merupakan fakta yang menunjukkan bahwa Lingard adalah seorang pendengar dan itulah yang sangat disukai oleh pelatih ini. “Saya sangat senang,” ungkap Van Gaal.” Dia bermain dengan sangat baik dan pantas mendapatkannya.”

“Sudah tahun lalu saya memainkannya di tim utama pertama kali saat menghadapi Swansea karena dia berkesan buat saya. Dia mendapatkan cidera berat dalam pertandingan itu dan harus pulih, yang membutuhkan waktu lama.” Pertandingan Swansea itu terjadi bulan Agustus 2014 – debut di mana dia harus digantikan di pertengahan babak pertama – dan sebuah pengingat bahwa sukses pemain 22 tahun ini masih butuh waktu lagi.

Kejadian yang ironis jika mengingat pengaruh yang dibuat Lingard dalam penampilan starter pertamanya. Selama dipinjamkan di Birmingham, dia menceatk empat gol dalam kemenangan 4-1 atas Sheffield Wednesday bulan September 2013. Tiga gol pertama terjadi hanya dalam waktu 13 menit. Dan lagi-lagi, mantan asisten manajer Birmingham Terry McDermott terkesan dengan kualitas yang dimiliki Lingard.

“Dia baru berlatih dua kali,” ungkap McDermott. “Yang saya suka dia cepat, tidak ada yang menghentikan dia. Sebelum pertandingan dia hanya duduk selama sejam tanpa bicara. Dia masuk ke lapangan seolah-olah bermain dengan teman sekolahnya. Dia bermain seperti tidak di ajang sepak bola profesional.”