1-morten-olsen-denmarkMorten Olsen akhiri masa kepelatihan 15 tahunnya sebagai pelatih kepala Denmark setelah gagal lolos ke Euro 2016.

Denmark berbagi hasil imbang 2-2 di kandang mereka dari Swedia yang diinspirasikan oleh Zlatan Ibrahimovic di Copenhagen sebuah hasil yang menyingkirkan Denmark dari play off Euro dengan skor agregat 4-3.

“Saya sudah memberitahu para pemain bahwa Federasi sepak bola Denmark dan saya telah sepakat bahwa tidak baik jika saya terus melanjutkan posisi saya,” ungkap Olsen, 66 tahun.

“Beberapa bulan terakhir sangat frustrasi. Saya tidak bisa menemukan konsistensi entah dalam performa kami atau dalam susunan pemain kami. Saya bertanggung jawab penuh.”

Olsen membawa Denmark ke babak 16 besar Piala Dunia tahun 2002 dan perempat final Euro 2004 tetapi inilah turnamen kedua secara beruntun di mana Denmark gagal lolos dari babak kualifikasi.

Gol di masing-masing babak dari Zlatan Ibrahimovic sudah cukup bagi Swedia ketika mereka memastikan satu tempat mereka di Euro 2016 berkat hasil imbang 2-2, dan agregat 4-3 atas Denmark di Copenhagen.

Setelah mengamankan leg pertama hari Sabtu lalu di Stockholm, Ibrahimovic kembali membuktikan diri sebagai inspiratory ketika melesatkan gol di menit 19 dan juga tendangan bebas indah menit 76 cukup mengamankan langkah Swedia ke turnamen musim panas tahun depan.

Dua gol di menit akhir dari Yussuf Poulson (81) dan pemain pengganti Jannik Vestergaard (90) memastikan tim Denmark menghindari kekalahan malam itu, tapi mereka terlalu terlambat untuk menyelamatkan jatah mereka dan juga karir dari manajer Morten Olsen, yang harus meninggalkan posisinya setelah 15 tahun melatih.

Hasil itu membuat Swedia mencapai kejuaraan Euro lima kali secara beruntun dan juga membuat mereka bergabung dengan peserta yang lolos lewat play off lainnya seperti Hungaria, Irlandia dan Ukraina dalam undian Euro 2016 bulan Desember nanti.

Lolosnya Swedia ini dipastikan memperpanjang karir internasional Zlatan Ibrahimovic setelah sebelumnya berjanji akan pensiun dari kancah internasional jika Swedia tidak lolos ke Perancis 2016.